Pj. Bupati Barsel secara resmi membuka festival Budaya Dahani Dahanai 2024

BUNTOK – Dalam rangka hari jadi Kabupaten Barito Selatan ke 65 Pemerintah Daerah menyelenggarakan Pestival Budaya Dahani Dahanai tahun 2024 dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Dr. Deddy Winarwan, M. Si. pembukaan Pestival ini di gelar stadion Batuah Buntok. (15/09/2024)

Pestival Dahani Dahanai 2024 di ikuti seluruh Kecamatan se Barito Selatan dan SOPD dengan peserta dan Officel berjumlah 1528 orang dengan 12 cabang yang di perlombakan.

Kegiatan di maksud dihadiri unsur Forkopimda Barito Selatan beserta ibu, diantaranya, Kapolres, Dandim 1012, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan negeri Buntok, juga Ibu Ketua tim PKK, Sekda dan kepala OPD lingkup Kabupaten Barito Selatan.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Barito Selatan mengatakan.

Mengharapkan kepada seluruh kepala Perangkat daerah termasuk seluruh camat dan kepala Desa/lurah agar terus mengembangkan potensi-potensi dan bibit unggul sumber daya manusia di kabupaten Barito Selatan baik dari segi seni budaya dan lain sebagainya.

Deddy Winarwan juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat Barito Selatan agar bersama membangun daerah dengan menitik beratkan kepada kemampuan potensi daerah agar bisa mengembangkan daerah secara maksimal.

” Kalau bukan kita sebagai warga Barito Selatan lalu siapa lagi dan semua harus dimulai dari sekarang untuk memajukan daerah, jangan cuma dengan jargon dan slogan tapi harus buktikan dengan perbuatan ” ucapnya.

Deddy sapaan sehari-hari, mengajak dalam momentum Festival Dahani Dahanai untuk terus melestarikan adat Dayak di Barito Selatan.

” Kita harus bangga menjadi suku Dayak serta filsafat Huma betang untuk menyatukan suku Dayak dalam upaya membangun Barito Selatan zerta melestarikan kebudayaan untuk masa depan generasi penerus daerah ” Jelasnya dengan penuh semangat.

Dia juga mengatakan, Potensi di Barito Selatan harus terus di gali seluas – luasnya agar masyarakat adat dan budaya Dayak tidak punah karena kita lupa untuk melestarikan adat budaya Dayak , untuk itu kita harus menggali potensi daerah agar terciptanya budaya adat istiadat Dayak bisa menjadi mendunia dalam even internasional.

” Seni budaya Barito Selatan sanggar Ranu mareh Desa Mabuan merupakan kebanggaan bagi kita karena menjadi juara dunia di nobatkan sebagai Obsolute word champion di Negara Bulgaria, ini merupakan bukti pemerintah daerah melestarikan budaya” Pungkasnya.

Sementara itu ketua Panitia Festival Dahani Dahanai 2024. Dr. Manat Simanjuntak, M. Pd. mengatakan, Festival ini merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan Pemda Barsel untuk untuk melestarikan budaya adat Dayak yang diselenggarakan bertepatan dengan hari Kabupaten.

” Festival ini ajang tahunan untuk melestarikan adat budaya Dayak bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Barito Selatan ” tuturnya mengakhiri.

Source: https://www.shootlinecorp.com